Cari Blog Ini

Selasa, 16 Februari 2010

PROPOSAL PENELITIAN

KATA PENGANTAR

Puji Syukur kami Sampaikan kepada Allah Subhanahuwwataala yang telah memberikan kami Izin dan memberikan kami kesehatan, Waktu dan tempat sehingga penulisan Proposal ini dapat kami selesaikan.
Solawat dan salam kami haturkan kepada Nabi Muhammad S.A.W yang telah berjasa besar dalam memperjuangkan Ummat dari alam kebodohan hingga seperti sekarang ini yang penuh dengan ilmu pengetahuan dan telah membimbing kami kejalan yang lurus dan melalui Agam Islam telah mampu merombak perkembangan Ilmu pengetahuan.
Proposal ini tidak mungkin terwujud tampa bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak.
Oleh Karena itu izinkanlah kami menghaturkan banyak banyak terimakasih kepada:
1. Bapak Dekan I.A.I. Hamzanwadi Pancor
2. Bapak bapak para Dosen I.A.I. Hamzanwadi Pancor
3. Bapak Dosen Metode Penelitian I.A.I. Hamzanwadi Pancor ( Fadlurrahman M.Pd. )
4. Dan semua pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaiakan Rencana Penelitian Ini.
Saran dan kritik dari bapak dosen dan teman teman juga sangat kami harapkan untuk kiranya dapat kami jadikan sebagai pedoman .dalam Penelitian yang kami maksud.

Pancor 5 januari 2008
Penulis / Mahasiswa




LUKMANUL HAKIM
NPM : 05.01.01.0145


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dunia pada abad ini sudah penuh dengan tantangan tantangan dan perubahan perubahan yang terjadi akibat era globalisasi dan Informasi. Dan perubahan perubahan yang dibawa oleh semangat Globalisasi dan arus Informasi tersebutakan lebih deras lagi menggoncang dan merombak Masyarakatdan sekolah dan tantangan kehidupan dengan segenap segi dan sisinya, maka akibat yang timbul adalah semakin banyak individu , anaka anak dan remaja, peserta didik sekolah, para pemuda dan anggota masyarakat lainnya yang dihimpit oleh berbagai tantangan dan ketidak pastian karena terhempas oleh berbagai harapan dan keinginan yang yang tidak dapat terpenuhi. Kehendak akan pengembangan secara Optimal intividualitas, Sosialitas, moralitas das religiutas dalam rangka pembentukan manusia seutuhnya semakin mendapat tantangan.
Bimbingan adalah merupakan kegiatan pokok yang mesti dilakukan oleh sekolah karena guru mempunyai tugas pokok dalam membimbing siswa.
Pelaksanaan bimbingan mempunyai fungsi integral dalam proses pendidikan terutama dalam peroses belajar dan memecahkan masalah siswa.
Bimbingan disekolah bukan hanya berfungsi sebagai penunjang dalam kegiatan belajar mengajar tetapi merupakan proses pendidikan dan belajar mengajar dalam mengoptimalkan siswa terutama dalam mengatasi kesulitan belajar para siswa dan hal ini tidak trlepas dari peran pembimbing yang merupakan kegiatan yang tidak kalah pentingnya dalam proses pendidikan.
Demikian pelaksanaan bimbingan harus dilaksanakan oleh para guru yang berhadapan lansung dengan siswa karna mereka telah memiliki pengetahuan dan keahlian tertentu sesuai degan bidangnya, sehngga peleksanaan bimbingan barjalan dengan baik untuk mencapai tujuan-tujuannya.satuprogram bimbingan baru berjalan dengan lancer, jika program itu dipimpin oleh seeorang yang mempunyai keahlian dalam bidang bimbingan dan sanggup bekerja sama serta dapat mempergunakan sumber-sumber yang berguna di luar sekolah secara efektif. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, sudah jelas di tuntut adanya kerja sama yang di dukung oleh factor penunjang lainnya yang mamadai dalam pelaksanaan bimbingan terhadap anak-anaki yang menghadapi kesuolitan dalam belajar dilingkungan Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Muslimin.Dasan Maalan Kecamatan Masbagik
Peranan bimbingan sementara ini masih belum dapat berjalan dengan lancar sebagaimana yang di harapkan.disekolah-sekolah masih banyak persepsi siswa yang kurang positif terhadap penerapan bimbingan,karma siswa menggap para guru yang membimbing adalah pembantu kepala sekolah.dalam mendisiplinkan siswa sebagai penegak hukum.
B. Rumusan Masalah
Sehungan dengan latar belakang masalah yang telah di uraikan di atas,maka peneliti dapat merumuskan masalah sebagai berikut :
• Bagaimana perana para guru dalam mengatasi kesulitan belajar anak di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Muslimin Dasan Maalan Kecamatan Masbagik Tahun Pelajaran 2007/ 2008
• Bagai mana pengaruh para guru dalam membimbing anak untuk mengatasi kesulitannya di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Muslimin Dasan Maalan Kecamatan Masbagik Tahun Pelajaran 2007/ 2008
• Usaha-usaha apa yang di lakukan oleh para guru untuk meberikan bimbingan kepada para siswa di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Muslimin Dasan Maalan Kecamatan Masbagik Tahun Pelajaran 2007/ 2008 dalam mengemukakan masalah di atas akan di pahami secara singkat hal-hal yang perlu dibahas dalam penelitian ini.
C. Tujuan Penelitian
Merumuskan tujuan penelitan ini merupakan hal yang sangat penting untuk meluruskan jalannya penelitian padasasaran yang telah di tentukan . karma itu juan penelitian di lakukan secara operasional dan terbatas.
Adapun tujuan penelitian ini dapat di rumuskan sebagai berikut :
1. Ingin mengetahui peranan para gurun dalam membimbing para siswa di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Muslimin Dasan Maalan Kecamatan Masbagik Tahun Pelajaran 2007/ 2008
2. Ingin mengetahui pengaruh para guru dalam membimbing para siswa dalam mengatasi kesulitan belajar di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Muslimin Dasan Maalan Kecamatan Masbagik Tahun Pelajaran 2007/ 2008
3. Ingin mengetahui usaha-usaha apa yang akan dilakukan oleh para guru untuk membimbing anak-anak dalam mengatasi cara belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Muslimin Dasan Maalan Kecamatan Masbagik Tahun Pelajaran 2007/ 2008






























BAB II
METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian
Penelitian ini mempergunakan desain penelitian kualitatif adapun alasannya adalah data-data yang di simpulkan data kualitatif dan selanjutnya di analisis dengan mempergunakan metode-metode yang sesuai dengan kehendak yang di capai,guna membuktikan hipotesis yang telah di ajukan . hipotesis akan di terima atau di tolak dan informasi lainnya di simpulkan berdasarkan hasil penelitian di lapangan .
Sehubungan dengan penelitian ini,gejala penelitian yang di teliti adalah bimbingan kesulitan .belajar anak di madrasah Tsanawiyah tarbiyatul muslimin dasan maalan kecamatan masbagik kabupaten lombok timur.gejala ini ada secara wajar pada setiap siswa di madrasah tarbiyatul muslimin dasan maalan kecamatan masbagik lombok timur.dalam menghadapi kesulitan belajar anak di rumah atau di sekolah ,dengan demikian ,maka cara pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode emfiris.
B. Populasi dan sampel
Populasi adalah keseluruhan obyek penelitian.(suharsini arikunto :1991- 102 ).
Sedangkan menurut :irawan suhartono dalam bukunya “metode penelitian sosial “ mengatakan bahwa jumlah keseluruhan unit analisis yaitu obyek yang akan di teliti di sebut populasi atau universal. (1978-57 )
Unit analisis pada umumnya adalah orang sebagai individu,namun unit analisis juga dapat berupa satu-satuan tertentu selain individu,seperti kelompok , Keluarga, Desa, Kecamatan,dan Kota.jadi populasi itu bisa berjumlah banyak sekali.
Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini,adalah seluruh siswa kelas II di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Muslimin Dasan Maalan Kecamatan Masbagik Tahun Pelajaran 2007/ 2008 sebanyak siswa.
Akan tetapi banyak seringkali populasi penelitian cukup besar sehingga tidak memungkinkan untuk di teliti seluruhnya karna keterbatasan waktu, biaya dan tenaga yang tersedia dalam keadaan demikian ,maka peneliti hanya cukup di lakukan dengan sampel.
Sampel adalah suatu bagian dari populasi yang akan di teliti dan orang di anggap dapat menggambarkan popolasinya, (irawan suhartono : 1995 :57 )
Adapun menurut sutrisno hadi menyatakan :”Sampel adalah sebagian dari populasi ,sampel adalah sejumlah penduduk yang jumlahnya kurang dari populasi”.(1977:221).pendapat lain mengatakan :sampel adalah suatu proporsional kecil dari populasi yang di pilih untuk keperluan analisis “(panapih paesal,mulyadi GM,1982:234).
Adapun sampel dari penelitian ini adalah sebagian dari jumlah siswa kelas II Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Muslimin Dasan Maalan Kecamatan Masbagik Tahun Pelajaran 2007/ 2008 akan di ambil untuk di jadikan obyek penelitian dengan cara tertentu.
Cara pengambilan sampel yang di pergunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan tehnik “purvosif random” . samkpling purposiv random di lakukan dengan mengambil orang-orang yang terpilih betul oleh peneliti menurut ciri-ciri spesifik yang demikian oleh sampel itu .sampel yang purposiv adalah sampel yang di pilih dengan cermat hingga relepan dengan desain penelitian .dengan demikian di usahakan agar sampel itu memiliki ciri – ciri yang esensial dari popolasi sehingga dapat di anggap cukup representatif .ciri-ciri apa yang esensial ,stara apa yang terus di wakili.tergantung pada penelitian dan pertimbangan atau .(S.Nasution,1987 128).
Dengan demikian sampel yang di tentukan tersebut benar-benar memiliki populasi sesuai dengan ciri-ciri atau karaktristik yang ada pada populasi ,dari populasi sejumlah siswa maka peneliti mengambil kelas II sebagai subyek penelitian berjumlah siswa, ini sesuai dengan penetapan tabel for determinating sampel size from a give populasi atau tabel untuk menetukan sampel dari ukuran populasi yang telah di tentukan.
C. Tehnik Pengumpulan Data
Tehnik pengumpulan data adalah suatu cara atau strategi ,atau metode yang di pergunakan untuk mendapoatkan data-data yang di butuhkan.adapun cara atau metode pengumpulan data yang di pergunakan dalam penelitian ini adalah :
1. Metode Observasi
“Observasi adalah pengamatan yang di lakukan secara sengaja atau sistimatis dengan penomena sosial dengan gejala-gejala fsikis untuk melakukan pencatan”(joko subagyo. 1991:63).jenis observasi yang peneliti gunakan adalah observasi langsung (tanpa alat) terhadap gejala-gejala obyek yang akan di teliti.adapun data yang ingin di proleh dari observasi ini adalah data-data tentang gambaran umum dari madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Muslimin Dasan Maalan Kecamatan Masbagik.
2. Metode Wawancara /Interviu
Metode wawancara adalah tehnik pengimpulan data yang di lakukan dengan mengadakan wawancara langsung kepada informan,dengan tujuan memperoleh informasi langsung dari informan ( Suharsimi Arikunto : 1992:124 )
Metode ini penulis gunakan untuk memperoleh data sebagai pelengkap yang dapat menunjang kelengkapan hasil metode lainnya.adapun jenis interviu yang di gunakan adalah interviu bebas terpimpin, dimana pewawancara membawa kerangka pertanyaan untuk di sajikan ,tetapi cara mengajukan pertanyaan di serahkan kepada kebijakan interviu ,pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan di maksud untuk merekam informasi yang di perlukan,sesuai dengan tujuan penelitian itu sendiri .dalam hubungan ini di kenal:
“Pelaksanaan wawancara yang berencana dan tak berencana peneliti mengajukan pertanyaan –pertanyaan secara beruntun sesuai dengan lembaran pedoman wawancara ,sedangkan pada wawancara tak berencana ,meneliti melakukan wawancara tak terikat ,oleh urutan-urutan pertanyaan.tetapi tetap di maksudkan untuk merekam informasi secara lengkap dari seseorang responden sesuai dengan kadar dan jumlah yang di perlukan”.(sanafiah F.1981;42).
Sehubungan dengan penelitian ini peneliti menggunakan lembaran pedoman wawancara ,yang akan di ajukan secara satu persatu kepada siswa sebagai responden penelitian.
3. Metode Dokumentasi
Metode dokumentasi pelaksanaannya melalui pencatatan dokumen, sehingga metode ini juga di katakan metode pencatan dokumen. “ pencatatan dokumen ( Rekordeding document ) adalah suatu cara untuk memperoleh data yang di lakukan dengan jalan mengumpulkan ssegala macam dokumen serta menadakan pencatatan yang sistimatis”. ( IB., netra ,1974 : 73 ).
Metode dokumentasi adalah metode pengumpulan data denganmenggunakan sumber-sumber yang ada berupa catatan-catatan dan dokumen-dokumen. Suharsini Arikunto mengatakan bahwa yang di maksud dengan dokumentasi adalah “ mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan ,raport, biografi dan lain-lain” ( 1992 :131 )
Adapun data yang ingin di kumpulkan dengan metode tersebut adalah sebagai berikut:
a. Data tentang tingkat kesulitan belajar yang di miliki siswa –siswi pada Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Muslimin Dasan Maalan Kecamatan Masbagik Tahun Pelajaran 2007/ 2008 melalui buku-buku induk.
b. Data tentang biografi siswa yang akan di jadikan sebagai sample penelitian .
c. Data tentang tenaga guru dan pegawai yang mengajar di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Muslimin Dasan Maalan Kecamatan Masbagik Tahun Pelajaran 2007/ 2008

4. Tehnik Analisis Data

Analisa data adalah upaya untuk mencari dan menata secara sistematis catatan hasil observasi, wawancara dan sebagainya, untuk lebih meningkatkan pemahaman terhadap obyek yang diteliti. Dalam analisa data ini peneliti enggunakan analisa data nonstatistik sesuai dengan data deskriftif dan data-data yang berhasil dikumpulkan oleh peneliti, maka selanjutnya diolah dan dianalisa dan dikumpulkan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar